Monday, July 18, 2011

Some Like It Hot (1959)

"Some Like It Hot" merupakan sebuah film komedi ditahun 1959 yang disutradarai dan diproduseri oleh Billy Wilder. Film ini dirilis pada tanggal 29 Maret 1959 dan dibintangi oleh Marilyn Monroe, Tony Curtis, Jack Lemmon, George Raft, Joe E. Brown dan Pat O'Brien. Film yang skenarionya ditulis oleh Wilder dan I. A. L. Diamond ini diadaptasikan dari cerita Robert Thoeren & Michael Logan, dan diproduksi oleh Mirisch Company serta didistribusikan oleh United Artists.


Ringkasan Cerita


Film yang melegenda ini menceritakan dua orang musisi yang berjuang demi sesuap nasi, Joe (Tony Curtis) dan Jerry (Jack Lemmon), yang kabur karena telah menyaksikan suatu pembantaian ditahun 1929 yang dilakukan oleh mafia Chicago yang disebut dengan St. Valentine's Day Massacre. Mafia tentu tak menyukai adanya saksi dalam kejahatan mereka, maka bos mafia bernama 'Spats' Columbo (George Raft), memerintahkan anak buahnya untuk menghabisi Joe dan Jerry. Tentu saja keadaan tak semudah yang mereka kira, Joe dan Jerry pun melarikan diri dan memutuskan untuk meninggalkan kota dengan mengambil pekerjaan yang mengharuskan mereka menyamar sebagai wanita dalam band yang semua anggotanya wanita. Mereka berdandan layaknya wanita dan memakai nama Josephine dan Daphne. Band itupun sedang dalam tur menuju Miami, Florida, dan dengan samaran sebagai wanita mereka merasa telah lepas dari masalah.
Keduanya lalu terpesona dengan vokalis anggota band tersebut, Sugar Kane (Marilyn Monroe), seorang wanita cantik dan bersuara merdu. Tapi keadaan asmara mereka semakin sulit karena 'Daphne' alias Jerry malah ditaksir oleh playboy tua bangka, Osgood Fielding III (Joe E. Brown), dan tentu semakin sulit karena bos mafia Spats malah tiba juga di Florida bersama kaki tangannya. Mau tidak mau merekapun harus saling berjumpa.

Film ini memang bukan film serius, cenderung musikal dan komedi, penampilan Curtis dalam film ini begitu meyakinkan dan meramu aktingnya dengan menawan bersama Lemmon. Film ini sendiri diinspirasi dari film Jerman berjudul Fanfaren der Liebe (1951) dengan tema yang lebih kurang mirip, film yang memenangkan Oscar untuk Kostum Terbaik ini juga masuk kategori Best Comedy of Alltime oleh American Film Institute. Perlu Anda ketahui, bahwa sang sutradara berusaha sekeras mungkin agar Marilyn hapal dialog, bahkan sampai menyediakan karton besar bertuliskan dialog. Kalau Anda jeli, Anda bisa melihat mata Marilyn seperti membaca sesuatu di kejauhan. Wilder aslinya ingin Frank Sinatra yang membintangi film ini, namun akhirnya memilih duet antara Curtis dan Lemmon. Film ini juga sebenarnya akan dibuat full colour, namun setelah screen test terasa tak bagus karena make-up Curtis dan Lemmon terlihat menor sehingga diputuskan memakai hitam putih. Marilyn juga membuat masalah ketika syuting dengan sering terlambat dua atau tiga jam lalu berlama-lama di meja rias. Dan pada saat film yang awalnya berjudul Not Tonight, Josephine ini dirilis, negara bagian Kansas melarang pemutaran film ini karena menganggap pria berpakaian seperti wanita sangat 'tidak cocok dengan warga Kansas'.

No comments:

Post a Comment