Tuesday, July 12, 2011

The Mark of Zorro (1920)

"The Mark of Zorro" merupakan sebuah film bisu ditahun 1920 yang diadaptasikan dari novel yang terbit tahun 1919 berjudul The Curse of Capistrano karya Johnston McCulley, seorang yang memperkenalkan pahlawan bertopeng, Zorro. Film yang skenarionya ditulis oleh Eugene Miller & Fairbanks ini dibintangi oleh Fairbanks sendiri bersama dengan Marguerite De La Motte, Noah Beery dan Robert McKim. Ini adalah film yang menampilkan sosok Zorro untuk pertama kalinya di layar lebar, dan merupakan versi pertama dari film The Mark of Zorro. Film ini merupakan film pertama yang diproduksi oleh United Artists yang didirikan oleh Fairbanks bersama dengan Mary Pickford, Charlie Chaplin, dan D.W. Griffith.

Ringkasan Cerita

Don Diego Vega (Douglas Fairbanks) adalah putra dari pemilik ranch kaya bernama Don Alejandro (Sidney De Gray). Sehari-hari, Diego bersikap lemah sehingga kurang disukai tunangannya, Lolita (Marguerite De La Motte). Melihat sikap tidak adil dari pemerintah korup Gubernur Alvarado (George Periolat), beserta tangan kanannya yang jahat Kapten Juan Ramon (Robert McKim) dan Sersan Pedro Gonzales (Noah Beery, Sr.) kepada rakyatnya, Diego memutuskan untuk melawan dengan menjadi sosok bernama SeƱor Zorro ("Tn. Fox"). Konflik memuncak ketika keluarga Lolita dipenjara oleh Gubernur Alvarado, yang membuat Diego turun tangan untuk menyelamatkan keluarga tunangannya.

Dalam film ini, Fairbanks dianggap berhasil menghidupkan jagoan berkedok dengan ciri khas sense of humor dan huruf 'Z' yang selalu ia goreskan setelah mengalahkan lawannya ini. Tidak hanya itu, kostum serba hitam Zorro (pakaian, kedok, dan topi bulat) yang dikenal penonton hingga sekarang juga merupakan kostum yang dipakai dalam film ini, bukan hasil rekaan bukunya. Sekuel film ini, Don Q Son of Zorro, dirilis pada tahun 1925. Fairbanks kembali mengulang perannya sebagai Don Diego, sekaligus menjadi anak Don Diego, Don Cesar de la Vega. Karena kesuksesannya, The Mark of Zorro telah di-remake dua kali, yaitu tahun 1940 yang dibintangi oleh Tyronne Power dan tahun 1974 oleh Frank Langella. Tokoh Zorro ini jugalah yang menjadi inspirasi bagi Bob Kane dan Bill Finger dalam menciptakan karakter Batman di tahun 1939. Sekaligus digambarkan sebagai pahlawan masa kecil Bruce Wayne. Bahkan, film The Mark of Zorro (entah versi asli atau remake) adalah film yang ditonton oleh Bruce kecil bersama dengan kedua orangtuanya sebelum ia menyaksikan mereka terbunuh.

No comments:

Post a Comment