Monday, July 11, 2011

The Blob (1958)

"The Blob" merupakan sebuah film independen horor/ fiksi ilmiah ditahun 1958 yang disutradarai oleh Irvin Yeaworth, diproduseri oleh Jack H. Harris, dan naskahnya ditulis oleh Kay Linaker bersama Theodore Simonson. Film yang dibintangi oleh Steve McQueen, Aneta Corsaut, Earl Rowe dan Olin Howland ini dirilis pada tanggal 12 September 1958 oleh Paramount Pictures.

Isu alien sudah hadir sejak berabad-abad lampau dan menjadi sumber inspirasi yang tidak habisnya digali dan dituangkan ke dalam kisah fiksi, salah satunya dalam bentuk gambar bergerak. Berbeda dengan penampakan alien pada film-film sekarang ini yang cenderung menakutkan, alien pada film-film klasik memiliki bentuk yang lebih bervariasi, seperti misalnya alien berbentuk jelly dalam kisah science-fiction klasik ini.

Ringkasan Cerita

Sebuah meteor jatuh ke dekat rumah milik seorang petani tua (Olin Howland). Penasaran, si petani kemudian mendekat untuk melihat meteor tersebut, dan menusuknya dengan tongkat. Ketika terbelah, meteor tersebut muncul sebagai benda mirip jeli yang merambat ketongkatnya dan menempel pada tangan si petani. Sang petani pun berjalan histeris dan bertemu dengan pemuda Steve (Steve McQueen) dan pacarnya, Jane (Aneta Corsaut). Keduanya segera membawa si petani tua ke dokter Hallen di rumah sakit terdekat. Hallen kemudian memutuskan untuk mengamputasi lengan si petani yang sedang dimakan oleh gumpalan jeli hidup, dan memanggil perawatnya. Tapi sayang, pertolongan mereka tertambat karena jeli hidup itu sudah menelan tubuh si petani, dokter, dan perawat sehingga ia bertambah besar. Belum puas, alien tersebut lalu mulai menjelajah kota untuk memangsa para penduduk. Kini, menjadi tugas Steve dan kekasihnya untuk memperingatkan masyarakat sebelum terlambat.

Film yang syuting di Phoenixville, Pennsylvania, ini awalnya berjudul The Molten Meteor sampai suatu hari si penulis naskah mendengar salah seorang krunya menyebut makhluk yang ada dalam film deng "the blob". Mereka pun memutuskan untuk menggunakan sebutan tersebut sebagai title film yang berbujet $240 ribu dolar ini. Pemburuan monster yang dalam naskahnya disebut "the mass" ini ternyata tidak melibatkan spesial efek yang berlebihan. Pada awal syuting, gumpalan jeli dibentuk dari balon cuaca yang telah dimodifikasi dan berubah menjadi gel silikon berwarnah menjelang akhir syuting. Pewarna makanan digunakan untuk memberikan efek darah dari orang-orang yang telah dimakan alien ini.

Untuk perannya dalam film ini, sang sutradara menawari McQueen pilihan bayaran sebesar $2500 atau 10% dari keuntungan film secara keseluruhan. McQueen yang saat itu butuh uang untuk biaya hidup dan tidak yakin bahwa filmnya akan berhasil memilih uang $2500. Sayangnya, pilihan tersebut bisa dianggap sebuah kesalahan karena film ini menjadi hit di teater drive-in dan menghasilkan pendapatan mencapai $4 juta. Karena kesuksesannya, film ini kemudian dibuatkan sekuelnya dengan genre komedi berjudul Beware! The Blob pada tahun 1972 yang disutradarai Larry Hagman. Pada tahun 1988, dibuatlah remake-nya meskipun tidak sukses.

No comments:

Post a Comment