Sunday, July 31, 2011

Father of the Bride (1950)

"Father of the Bride" merupakan sebuah film komedi ditahun 1950 yang disutradarai oleh Vincente Minnelli dan diproduseri oleh Pandro S. Berman. Cerita yang diadaptasikan oleh Frances Goodrich bersama Albert Hackett dari sebuah novel berjudul sama karya Edward Streeter ini dibintangi oleh Spencer Tracy, Joan Bennett, Elizabeth Taylor, Don Taylor, Billie Burke, dan Leo G. Carroll. Film ini dirilis pada tanggal 16 Juni 1950 dan didistribusikan oleh Metro-Goldwyn-Mayer.

Setiap ayah pasti menginginkan yang terbaik untuk putri kesayangannya, apalagi bila putrinya tersebut akan menikah. Ia akan berusaha sekuat tenaga menyelenggarakan pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginan putrinya meskipun itu berarti harus melewati rintangan yang tidak mudah. Itulah yang terjadi dalam film ini. Melihat jajaran pemainnya yang cukup berkualitas, tidak heran bila film ini menerima tiga nominasi Academy Awards pada tahun 1951 untuk kategori Best Picture, Best Actor in a Leading Role, dan Best Writing, Screenplay. Namun, tidak ada satupun penghargaan tersebut yang berhasil dibawa pulang.

Film ini premier dua hari pascapernikahan Elizabeth Taylor dengan "Nicky" Conrad Hilton Jr. berlangsung. Kesuksesan film ini memunculkan sekuel berjudul Father's Little Dividend (1951), dimana karakter Kay disini sudah memiliki bayi; sebuah serial televisi yang ditayangkan oleh CBS (1961 - 1962); drama radio; dan remake dengan judul sama ditahun 1991 dengan bintang Steve Martin dan Diane Keaton, dan berlanjut dengan sekuelnya, Father of the Bride Part II ditahun 1995.

Ringkasan Cerita

Stanley T. Banks (Spencer Tracy), seorang pengacara yang memiliki putri bernama Kay (Elizabeth Taylor) yang akan menikah dengan Buckley Dunstan (Don Taylor). Stanley takut bahwa keputusan Kay adalah sebuah kesalahan. Pria ini lalu memaksa Kay mengenalkannya kepada keluarga Buckley. Perasaannya sedikit tenang ketika tahu bahwa Buckley merupakan kepala sebuah perusahaan yang dapat menjamin kehidupan Kay. Masalah bertambah rumit ketika Stanley sadar bahwa biaya yang telah disiapkannya bersama istrinya, Ellie (Joan Bennett), untuk 150 tamu membengkak menjadi 250 tamu.

No comments:

Post a Comment